Oct
7
2011

Membuat NPWP Itu Mudah

Saya tidak membayangkan bahwa membuat NPWP bisa semudah ini. Pasalnya, tempat saya bekerja domisilinya berbeda dengan alamat tinggal yang tertera di KTP resmi. Yang sempat kebayang adalah betapa ribetnya harus mengurus dengan terlebih dahulu pulang ke Sidoarjo. Ternyata tidak.

Di perusahaan yang lama, saya akui, belum pernah membuat NPWP sekalipun perusahaan rajin dan rutin membayarkan pajak saya. Jadilah saya tenang-tenang saja. Nah, di perusahaan baru ini lah kemudian saya dimintai NPWP. Berangkat dari sini, akhirnya dengan agak malas saya mengurus NPWP.

Saya pun berkonsultasi dengan saudara sepupu via BBM. Kebetulan dia bekerja di Kantor Pajak.Masih kurang jelas, saya juga berkonsultasi dengan Dan Sapar, salah satu teman twitter yang bekerja di perpajakan via Faceboook Message (biar lebih lega dan bisa panjang lebar nanyanya).

Ternyata menurut penuturan mereka berdua saya tidak perlu repot-repot mengurus ke daerah asal saya, Sidoarjo. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor pelayanan pajak terdekat. Nah bagaimana urutan-urutannya, ini saya sharingkan di bawah : 

[1] Mendaftar Via Online dan Mencetak Bukti Pendaftaran

Bagi yang tidak mau ribet, kita bisa mendaftar secara online untuk NPWP melalui situs resmi Pajak di www.Pajak.go.id. Selanjutnya pilih Pendaftaran NPWP Online.

Situs Dirjen Pajak

Situs Dirjen Pajak

Anda akan masuk ke halaman yang berisi penjelasan singkat. Langsung saja klik pada tulisan e-Registration untuk masuk pada halaman pendaftaran. Karena Anda belum pernah membuat NPWP maka pilih Buat Account Baru.

Buat Akun Registrasi Online

Buat Akun Registrasi Online

Kemudian isi form yang disediakan seperti di bawah ini dan klik BUAT.

Form Pembuatan Akun

Form Pembuatan Akun

Setelah itu, untuk bisa membuat NPWP Anda harus login kembali dengan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Form loginnya sama seperti pada gambar 2 di atas.

Nanti kalau sudah masuk, Anda tinggal ikuti saja petunjuk dan isi form-form yang diminta. Kalau belum jelas, Anda bisa klik tanda tanya yang ada di pojok kanan atas. Disana ada semua petunjuk pengisiannya.

Setelah selesai semua urusan isi mengisi data, jangan lupa cetak form yang Anda isi sebanyak 2 set. 1 set akan Anda gunakan untuk mendaftar di Kantor Pelayanan Pajak dan 1 setnya lagi Anda kirimkan ke Kantor Pelayanan Pajak di daerah asal Anda. Nanti alamat pengirimannya ada di atas print out data yang Anda isi.

Oh iya, selain mencetak 2 set dokumen pendaftaran, fotocopy juga KTP Anda 2x untuk dilampirkan bersama dokumen-dokumen tersebut.

[2] Mengirimkan 1 Set Dokumen Ke KPP Daerah Asal Anda

Seperti yang saya bilang di atas, Anda harus mencetak sebanyak 2 set dari semua form dokumen yang diisi. 1 Set dokumen, kirimkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) daerah asal Anda.

Alamat Kantor Pelayanan Pajak

Alamat Kantor Pelayanan Pajak

Pada saat mengirimkan dokumen, usahakan menggunakan layanan yang bisa memberikan bukti pengiriman. Misalnya TIKI / JNE atau kalau mau yang murah Anda bisa gunakan layanan Kilat Khusus di Kantor Pos.

Bukti pengiriman ini nantinya Anda bawa bersama 1 set dokumen lainnya untuk mendaftar di KPP terdekat, tempat domisili Anda saat ini.

[3] Mendaftar di KPP Terdekat

Langkah berikutnya adalah mendaftar di KPP terdekat dengan membawa :

  • Print Out Dokumen pendaftaran NPWP via Online
  • Bukti pengiriman Print Out Dokumen pendaftaran NPWP ke KPP daerah asal.
  • Fotocopy KTP

Bila Kantor Pelayanan Pajak tidak sedang ramai dan antri, maka 15-20 menit saja kartu NPWP Anda sudah jadi. Cepat, tidak bertele-tele dan tidak dipungut biaya apapun.

Dengan demikian, selesai sudah urusan membuat NPWP. Anda resmi terdaftar sebagai wajib pajak begitu kartu NPWP sudah Anda pegang. Ini dia kartunya :

Kartu NPWP

Kartu NPWP

Bagi karyawan yang pajaknya dibayar oleh perusahaan, nanti pada saat menyerahkan SPT Tahunan, Anda tinggal minta bukti pemotongan gaji untuk membayar pajak sebagai lampiran. Anda pun tidak perlu membayar pajak lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat.

-

membuat NPWP

Follow VIVAnews, VIVAlog, XL

About the Author: Arief Maulana

Just a simple writer. Menulis apa adanya, tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Butuh tulisan yang lebih berbobot? Langsung dah ke www.AriefMaulana.com.

19 Comments + Add Comment

  • jadi warga negara yag baik sekarang ya mas… taat pajak… he…
    betul sekali mas arif, dulu saya juga pernah melakukan hal demikian waktu di semarang, ternyata semuanya gratis. waktu itu malah di kirim sampai kantor juga NPWP saya. he…

    • @T. Wahyudi, iya mas. Kalau ga gitu, gaji ga dibayar sama perusahaan. Butuh NPWP soalnya mereka. Hahaha

  • Tapi setelah punya NPWP gak cuman sampai disitu aja lho, saban taun harus lapor ke KPP yang namanya Laporan Pajak Tahunan. tapi itu juga mudah koq, apalagi kalau kita bekerja di perusahaan yang taat pajak, semakin mudah. salam kenal

    • @Dewa Made, benar sekali. Makanya di akhir saya tuliskan setahun sekali harus melaporkan ke KPP dengan lampiran potongan gaji u/ pajak dari perusahaan

  • saya elum punya mslahnya lgi nganggur :D

    • @Echo, nganggur? Wah sayang sekali. Ada bisnis bagus yang bisa digarap. Kalau di jakarta, coba kontak-kontak saya

  • Menbuat NPWP gampang Gan, menbayar pajak yang susah…

    • @Aqila, ane sih ga susah. Yang bayar perusahaan. :D

  • aku jg mau bikin npwp… tp dikolom form ada tanda bintang merah yang hrs diisi trus klo g diisi krn g punya gmn?

    • @franz, coba tanya ke petugas pajaknya. Soalnya aku kebetulan semua keisi :)

  • sangat membantu,… terima kasih ya….

  • MAS,,AQ DAH BUAT..CUMA WKTU AQ BUAT POSISI KANTOR DAN DOMISLI ADA DI DEPOKK.,UDA PRINT JUGA SEMUA,,,TAPI BLM SEMPAT KE KPP SETEMPT KRN SIBUK,,,EH TIBA2 AQ D PINDAH TUUGAS DI KEDOYA JAKARTA BARAT,,,
    apa alamat terbaru harus aq ubah ??soalnya yg d print msh domisli depok??..maskisy

    • @Adit, dulu waktu aku bikin, masih pakai alamat sidoarjo. Padahal tinggalku di Jakarta. Coba tanya ke orang pajaknya langsung saja untuk memastikan.

  • kalau buat account baru dan daftar npwp baru itu bisa gak yah? ada pengaruhnya gak?
    saya udah dua kali create nomor npwp
    jadi saya punya dua nomor sementara, itu gimana ya?

    • @Jun, kurang tahu. Ada baiknya bapak ke KPP terdeakat, untuk menanyakan hal ini.

  • terimakasih mas infonya :)

  • mau tanya ni mas, saya salah satu karyawan perusahaan swasta dan saya pendatang
    ktp saya ktp daerah, jadi dengan memakai surat domisili apakah bisa mendaftar di KPP terdekat sesuai dengan domisili saya saat ini ??
    mau pulang ke daerah asal saya gak mungkin soalnya dikasih waktu cuman 1 hari dalam pembuatan NPWP ??

    @Febri: Bisa mas. Mendaftarnya online saja di webnya pajak. Nanti dari sana ada panduannya, formulirnya dsb. Tinggal diikuti saja. Saya dulu memprosesnya dengan KTP Sidoarjo. Padahal saya tinggal di Jakarta. Nanti ambil kartu NPWPnya ya di KPP terdekat.

  • kolom npwp kan ada bintang merah nya tuh berarti kan harus diisi, isi nya apa yah ? gak ngerti….

Leave a comment

CommentLuv badge

Berlangganan Artikel

Daftar Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner