Sep
25
2011

Waw, Turun 2,5 kg Dalam Satu Minggu

Kalau Anda bilang saya bercanda, saya jawab TIDAK. Saya ngga lagi bercanda. Itulah yang benar-benar terjadi. Saya sendiri kaget bagaimana bisa, dalam satu minggu turun 2,5 kg tanpa berolahraga.

Seperti yang pernah saya tulis, sejak kesadaran untuk hidup sehat tiba-tiba muncul dan juga nilai BMI yang kurang bagus hasilnya, maka saya pun memutuskan untuk menjalani program diet yang disarankan oleh teman, dengan dipandu Mas Indra, Health and Weight Management Advisor saya.

Biar jelas parameter perubahannya, sebelum menjalani program diet saya diukur macam-macam nih mulai dari berat badan, lingkar pinggang, kadar lemak tubuh, massa otot, dll. Nantinya Mas Indra ini akan datang setiap minggu (dalam 1 bulan pertama saya) untuk mengontrol dan juga melakukan pengukuran hasil program diet saya.

Nah, tadi sore datang lah Mas Indra ke Kost untuk melakukan pengukuran hasil program diet saya. Ya gitu,

saya turun 2,5 kg dalam satu minggu…

Whoaaa… senangnya. Program dietnya menunjukkan hasil berarti. Eits… tapi tunggu dulu. Masih ada parameter lainnya. Ternyata setelah dilakukan pengecekan, parameter lainnya pun menunjukkan hasil yang positif juga. Diantaranya : lingkar pinggang mengecil, kadar lemak tubuh berkurang, usia sel semakin muda, kadar lemak perut berkurang, dll.

Artinya ngga sekedar turun berat badan doang. Tapi mulai ada perbaikan di dalam tubuh. Yang rusak, digantikan dengan yang baru. Konsep self healing di tingkat sel mulai jalan. Tentu saja ini terjadi bila kita memberikan nutrisi yang tepat pada sel, tutur Mas Indra. Dan ini ternyata bisa sejalan dengan program diet saya.

Satu minggu pertama ini, yang saya lakukan masih sebatas mengatur dan mendisiplinkan diri dalam mengatur pola makan. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tanpa memberikan tambahan-tambahan karbohidrat dan lemak berlebih, seperti yang biasa saya lakukan selama ini. Asupan berlebihan dari dua zat ini yang bikin lemak menimbun. Selain itu, saya stop makan gorengan dan juga cemilan-cemilan di kantor, termasuk diantaranya teh dan kopi manis.

makanan sehat

makanan sehat

Denny Santoso (Certified Sport Nutritionist) pernah menuliskan bahwa diet yang sehat adalah bukan dengan berlapar-lapar, maka tidak tepat kalau harus membuang sarapan pagi dari rutinitas ataupun makan cuma 1-2x dalam sehari. Seharusnya adalah dengan mengubah menu makanan yang dimakan.

Maka dari itu, Mas Indra pun mengganti menu sarapan pagi dan makan malam saya. Pagi dan malam, saya tidak makan melainkan minum shake formula 1 yang disarankan oleh Mas Indra. Kalau makan siang, sih normal-normal aja, kaya makan siang biasanya.

Saya juga sempat baca kandungan nutrisi shake, lengkap ternyata. Meski paduan nutrisinya lengkap, total kalori yang dihasilkan cukup rendah. Lapar? Ngga dong. Nutrisi yang lengkap di dalam shake bikin perut ngga merasa lapar.

Dan cuma itu yang saya lakukan seminggu ini. Cuma mengganti asupan nutrisi dengan yang lebih sehat. Belum olahraga loh ini. Malah baru minggu depan saya baru mulai ikutan fitness. Semoga proses dan program diet ini bisa berjalan lebih baik lagi selepas saya ikutan fitness Open-mouthed smile. Ngga kebayang kalau seminggu lagi turun 2,5 – 4 kg lagi. Hahahaha… (ngarep.com). Mari hidup sehat, Sob!

About the Author: Arief Maulana

Just a simple writer. Menulis apa adanya, tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Butuh tulisan yang lebih berbobot? Langsung dah ke www.AriefMaulana.com.

7 Comments + Add Comment

  • [...] saya jadi tertarik. Apalagi saya juga sedang menjalani program diet. Kalau seminggu kemarin hanya dengan mengatur pola makan saja saya bisa turun 2,5 kg, apalagi kalau diimbangi dengan olahraga pikir saya. Biar ngga cuma sekedar turun berat badan, tapi [...]

  • saya mlah pgn naikin BB hehehe… btw nice tips :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

  • wah mantaf mas… boleh dong dikenalin sama temannya itu mas…. :)

  • [...] sudah saya mulai sejak tiga minggu lalu. Di catatan yang lalu, saya sempat menuliskan bahwa dalam 1 minggu saya turun 2,5 kg. Dan proses penurunan terus berlangsung. Keren [...]

  • Hi Arief, it’s good kalau km sudah mulai merubah gaya hidup kamu. Cuma mengganti makan dengan shake berlawanan sekali dengan yg saya katakan. Makan pagi dan malam itu sangat vital bagi penurunan berat badan, dan sama sekali tidak boleh digantikan oleh ‘shake’.

    Turun 2.5kg dalam seminggu, itu wajar2 aja tetapi coba diamati, tidak akan berkelanjutan kalau makan belum benar. Apalagi nanti ketika sudah fitness, maka kebutuhan nutrisi akan lebih penting lagi.

    G’luck with your diet:)

    • @Denny Santoso, terima kasih tambahannya :)

  • [...] turun 6,9 kg. That’s amazing. Kalau Anda mengikuti blog saya, tentu sudah tahu cerita saya : turun 2,5 kg dalam minggu pertama, total turun 5 kg minggu ke-3, dan kini total turun 6,9 kg dalam minggu ke-4. Ini dia screen shot [...]

Leave a comment

CommentLuv badge

Berlangganan Artikel

Daftar Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Random Posts